Selasa, 19 Desember 2023

Polres Tulungagung Mengikuti Upacara Dalam Rangka Memperingati Hari Bela Negara


TULUNGAGUNG – Polres Tulungagung mengikuti upacara dalam rangka memperingati hari Bela Negara ke-75 tahun 2023 yang di selenggarakan Kodim 0807 Tulungagung di Lapangan Upacara Makodim dengan tema “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju”.





Bela Negara adalah sebuah tekad, sikap, perilaku dan tindakan warga negara, baik perseorangan maupun kolektif, untuk menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang - Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD RI Tahun 1945) dari ancaman. 


Hari Bela Negara merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dalam memperingati Deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada 19 Desember 1948 di Sumatera Barat.


Dalam kesempatan tersebut Mayor Inf Zuhal Mohammad Hasan selaku Inspektur upacara juga membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.


Dalam amanatnya Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa bela negara bukan hanya tanggung jawab pertahanan melainkan semua elemen masyarakat.


“Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.


Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.


“Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara,” terangnya.


“Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air,” tegasnya. (restu)

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Arsip Blog