Rabu, 18 Oktober 2023

Polres Tulungagung Menggelar Pelatihan Untuk Mengamankan Pemilihan Umum dan Pilkada



TULUNGAGUNG - Dalam menghadapi pesta Demokrasi atau Pemilu dan Pilkada Kabupaten Tulungagung, Personil Polres Tulungagung, Polda Jatim terus berlatih guna memberikan jaminan keamanan selama berlangsungnya Pemilu dan Pilkada.




Seperti hari ini terlihat Personil Polres Tulungagung menggelar pelatihan pengendalian massa yang bertempat di halaman Mapolres Tulungagung, Rabu  (11/10/2023).


Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi, SH, SIK, M.Si melalui Kasihumas Polres Iptu Mujiatno mengatakan, latihan yang diadakan oleh Polres Polres untuk menghadapi Pemilu dan Pilkada 2024.


"Ini adalah langkah yang sangat penting dalam mempersiapkan personel kepolisian Kususnya Polres Tulungagung dalam menjalankan tugas-tugas pemilu dengan efektif dan aman", ujarnya.


Ini mempersiapkan personel dalam menjaga keamanan selama proses pemilu, termasuk pengamanan lokasi pemungutan suara dan pengawalan logistik pemilu.


"Penanganan situasi darurat, melatih personel dalam penanganan situasi darurat atau konflik yang mungkin muncul selama pemilu", jelasnya.


Tidak hanya pelatihan pengendalian massa, namun juga pelatihan Penegakan Hukum.


"Melatih personel dalam menjalankan tugas-tugas penegakan hukum terkait dengan pemilu, termasuk penanganan potensi pelanggaran pemilu", ungkap Kasihumas.


"Selain itu juga memberikan edukasi kepada personel tentang peraturan dan prosedur terkait pemilu," sambungnya.


Latihan semacam ini membantu memastikan bahwa personel Polres Tulungagung memiliki pengetahuan, keterampilan, dan persiapan yang diperlukan untuk menjaga proses pemilu dan Pilkada Kabupaten Tulungagung berjalan lancar, damai, dan adil. 


"Tidak bekerja sendiri, Polres Tulungagung akan selalu berkolaborasi serta meningkatkan koordinasi antara Kepolisian dan lembaga terkait lainnya, seperti TNI, Pemerintah Daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu)", tandas Mujiatno. (restu)

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Arsip Blog