Kamis, 28 September 2023

Terjadi Kebakaran di Kawasan Lahan Hutan Jati Wangkas, Polsek Kalangbret Sigap Berupaya Padamkan Api Dengan Alat Seadanya

 


TULUNGAGUNG – Berdasarkan informasi dari masyarakat di lahan hutan masuk Desa Pucangan Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung telah terjadi kebakaran hutan.




Dengan adanya informasi tersebut anggota Polsek Kalangbret, Polres Tulungagung, Polda Jatim langsung bergerak cepat mendatangi lokasi kebakaran, kemudian anggota langsung berupaya memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.


Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi, SH, SIK, M.Si melalui Kapolsek Kalangbret  AKP Andik Prasetiyo,S.H.,M.H membenarkan adanya kejadian itu bahwasannya sekitar Kamis (28/09/2023) sekira Pukul 13.00 wib Polsek Kalangbret mendapat informasi bahwa telah terjadi kebakaran di hutan masuk Desa Pucangan.


“Lokasi hutan yang terbakar kawasan hutan Jati Wangkas dan yang terbakar rumput - rumput dan daun daun jati yang di tanah sudah mengering dengan area kurang lebih 90 m X 60 m tepatnya di pinggir jalan Raya”, ujarnya.


Petugas Polsek kalangbret beserta LMDH dan masyarakat sekitar berusaha memadamkan api  dengan alat seadanya dan api berhasil dipadamkan.


“Untuk penyebab kebakaran serta pertama titik api berasal dari mana masih dalam penyelidikan”, ungkapnya.


Dengan adanya kejadian itu, Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran pada saat membuka lahan, tidak meninggalkan api masih menyala saat membuat api memasak diladang atau hutan dan tidak sembarang membuang puntung rokok sembarangan.


“Ketika terjadi kebakaran hutan akan dapat menyebabkan jatuhnya korban jiwa baik karena api maupun asap dan debu hasil pembakaran juga rusaknya ekosistem. Selain manusia, hewan lebih banyak yang mati dan cedera akibat kebakaran hutan”, tandasnya. (restu)

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Arsip Blog