Rabu, 20 September 2023

Kapolres Tulungagung Menghadiri Pengukuhan FKUB dan FKDM


TULUNGAGUNG – Kapolres Tulungagung menghadiri Pengukuhan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Masa Bhakti 2023-2028 dan Pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Masa Bhakti 2021-2026 Kabupaten Tulungagung.



Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Tulungagung hadir di acara itu, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M, Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi, S.H.,S.I.K., M.Si., Dandim 0807 Letkol Czi Nooris Agus Rinanto., Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Drs. Marsono, Sekda Tulungagung Drs. Sukaji., M.Si. dan Tamu undangan lain. Selasa (19/09/2023)


Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, Salah satu tujuan dibentuknya Forum Kerukunan Umat Beragama sebagai wadah kerukunan antar umat beragama.


“Dengan dikukuhnya FKUB dan FKDM Kabupaten Tulungagung ini memeiliki tugas yang berat yang mampu menyelasaikan persoalan bangsa ini khususnya antar umat beragama dan bermasyarakat”, harapanya.


Peran tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat juga diharapkan dapat memberikan kecerdasan elektual bagi pemeluk agama di Masyarakat.


“FKUB diharapkan dapat menjalankan fungsi dan perannya sehingga tercipta suasana yang saling menghargai dan harmonis antar umat beragama”, ungkapnya.


“Dengan dikukuhnya FKUB dan FKDM, semoga kedepan Kabupaten Tulungagung semakin kondusif, aman, tentram, yaman dan damai sehingga apa yang dicita - citakan kabupaten Tulungagung yang ayem tentrem mulyo lan tinoto dapat terwujud”, tandas Bupati.


Sementara itu senada dengan Bupati Tulungagung, Kapolres Tulungagung AKBP Arsya mengatakan, Forum Kerukunan Umat Beragama adalah platform penting untuk mempromosikan dialog antarumat beragama, saling pengertian, dan toleransi. Sementara Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat dapat membantu dalam mendeteksi potensi masalah atau ancaman yang mungkin timbul dan melibatkan masyarakat dalam upaya menjaga keamanan lokal.


"FKUB dan FKDM memiliki peran yang sangat penting bagi kepolisian dalam beberapa aspek Pencegahan Konflik, Menggalang Dukungan, Kewaspadaan Dini dan Kemitraan", ujarnya.


"Jadi, kedua forum ini tidak hanya memperkuat kerukunan dan kewaspadaan, tetapi juga meningkatkan peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, yang pada gilirannya mendukung tugas Kepolisian", tandasnya. (restu)

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Arsip Blog