Selasa, 28 November 2023

Seorang Pemuda 11 Tahun Hilang, Bhabinkamtibmas Polres Tulungagung Pertemukan Lagi Dengan Keluarganya



TULUNGAGUNG – Kisah haru bercampur gembira dirasakan orang tua yang bernama Sahawi dan Poniyem Warga Banyuwagi, Jawa Timur yang mendapati anaknya ditemukan kembali berkat kerja Bhabinkambtibmas Polsek Polsek Gondang Aipda Oktafrian Witdiantoro, SH bersama Tim Rumah Singgah ODGJ dan Dinas Sosial.




“Cerita ini bermula pada tanggal 16 Oktober 2023 di RT 5 RW 3 dusun Kedung manten desa Aryo jeding kecamatan rejotangan ditemukan mister x dengan jenis kelamin Laki laki dalam keadaan pingsan di pinggir kandang ayam oleh warga masyarakat”, terang Aipda Oktafrian yang menceritakan kronologis kepada Tim Humas Polres Tulungagung.


Kemudian diinformasikan ke dinas sosial dan oleh dinas sosial dibawa ke Puskesmas selanjutnya dievakuasi ke rumah sakit dr. Iskak Tulungagung.


“Selama perawatan di RS. Dr  Iskak keadaan mister x sudah membaik dan tanggal 25 Oktober di bawa ke Dinas Sosial saat itu masih belum ada kejelasan jati diri mister x hanya menulis nama Joshua dan alamat hanya menggambar rumah. Selanjunya tanggal 30 Oktober di bawa ke rumah sakit Menur Surabaya rumah sakit jiwa Karena diduga untuk mister x mengalami gangguan jiwa”, ujarnya.


“Mister x itu sempat mengaku bernama Joshua orang tuanya namanya sahawi alamatnya desa Tegalharjo kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi seteah dilakukan pelacakan, ternyata untuk nama Joshua dan nama orang tua dan alamat itu tidak ada”, sambungnya. Lanjut di bawa ke Dinas Catatan Sipil guna di cek sidik jari dan mata ternyata tidak membuahkan hasil karena dimungkinkan belum melakukan E- KTP


Masih terang Aipda Oktafrian mengatakan, dari dinas sosial diserahkan ke rumah singgah kami pada tanggal 20 November 2023 untuk dilakukan perawatan dan untuk mengorek jati diri dari mister x.


“Selanjutnya dari pihak kami rumah singgah ODGJ yang kami kelola kita lakukan perawatan dan pengobatan selama 4 hari, akhirnya mengaku mister x namanya yaitu Sanusi, orang tua Sahawi dengan alamat desa Tegalharjo kecamatan Glenmore, Banyuwangi selanjutnya dengan adanya pengakuan tersebut kami membuat video yang menerangkan bahwa identitas sekaligus wajah tersebut melalui medsos dan kemudian kita juga koordinasi dengan pihak Polsek Glenmore Alhamdulillah pada hari Jumat 24 November dari pihak keluarga menghubungi Polsek Glenmore setelah melihat video yang mirip dengan Sdr. Sanusi bersama seorang polisi”, terang Frian. "Kemudian Polsek Glenmore menghubungi kami dan memastikan keberadaan orang yang mengaku Sdr. Sanusi dan kami berkomunikasi dengan pihak keluarga melalui video call dan pihak keluarga yakin karena orang yang mengaku Sdr. Sanusi mempunyai Tatto di dada sebelah kiri", imbuh Frian.


“Pada hari Minggunya tanggal 26 November dari pihak keluarga datang ke Tulungagung dan setelah kita datang pengecekan dari KK dan KTP ternyata benar bahwa pria itu tersebut bernama Sanusi orang tua Sahawi ibunya namanya Poniyem dengan alamat Tegalharjo, Kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi serta keterangan orang tua bahwa Sdr. Sanusi punya tato di dada sebelah kiri”, lanjutnya.


Pada hari itu juga langsung di bawa pihak keluarga ke Banyuwangi dengan didampingi Pemerintah desa dan Bhabinkamtibmasnya.


“Dari cerita keluarganya, bahwa Sanusi menghilang kurang lebih sebelas tahun, setelah sempat bekerja di Sumatra dan Bali”, katanya.


Orang tua sudah berusaha mencari dan akhirnya pasrah atas hilangnya Sanusi yang dicarinya tidak ketemu.


“Sejak lulus SD Sanusi diajak saudaranya bekerja di Sumatra sekitar enam tahun, ada gejala ODGJ diajak pulang keluarga dan di antar berobat di RS Lawang, setelah sembuh diajak pulang kemudian bekerja di bali sekitar delapan bulan pulang ke Bayuwangi mengaku sakit gigi, sekitar tiga bulan kemudian menghilang sampai ditemukannya di Tulungagung”, tandas Aipda Frian.


Sementara ibunya Sanusi, Bu Poniyem menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantunya.


“Kami menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan semua pihak dan akhirnya kami menemukan anak kami yang telah lama  menghilang”, tandasnya. (restu)

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Arsip Blog