Minggu, 19 November 2023

Gunakan Pakaian Kejawen, Kapolres Tulungagung Hadiri Upacara Adat Bersih Nagari Hari Jadi ke 818




TULUNGAGUNG - Peringati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke- 818, Pemerintah Kabupaten menggelar tradisi Bersih Nagari bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Sabtu (18/11/2023).




Hadir dalam acara Bersih Nagari yakni Pj Bupati Tulungagung Dr. Ir. Heru Suseno, MT., Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi, S.H., S.I.K., M.Si., Serta Forkopimda yang lain, Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Kepala OPD lingkup Pemkab Tulungagung dan Undangan lain.


Sebelum prosesi upacara adat Bersih Nagari dilaksanakan upacara dalam peringatan HUT Kabupaten Tulungagung yang dilaksanakan di Halaman Pemkab Tulungagung.


Usai kegiatan upacara dilanjutkan upacara adat bersih nagari. Prosesi bersih nagari tetap diwarnai dengan arak-arakan pataka lambang Kabupaten Tulungagung yang diiringi oleh layaknya para prajurit punggawa dan putri serta dayang kerajaan dan dua tumpeng agung yaitu tumpeng lanang berupa gunungan nasi kuning lengkap lauk pauk serta tumpeng wadon berupa hasil bumi berbagai jenis sayur sayuran dan buah buahan.


Dan di barisan terdepan terlihat rombongan Bupati Tulungagung, Forkopimda, kepala OPD beserta para istri pun turut berjalan diiringi tari reog kendang kesenian asli khas Tulungagung dengan membentuk formasi 818 menuju ke Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.


Saat mengikuti tradisi tersebut Kapolres Tulungagung yang Sarimbit dengan Ny. Dini Arsya Khadafi bersama undangan lainnya menggunakan pakaian kejawen.


Pj Bupati Tulungagung Heru Suseno mengungkapkan, hari ini memperingari hari jadi Kabupaten Tulungagung yang ke 818.


"Kita peringati secara tradisional, ada yang biasa dipakai Kabupaten Tulungagung setiap Tahunnya", ujarnya.


Tema dari hari jadi kabupaten Tulungagung yang tangguh, tanggap, berkelanjutan, menuju kesejahteraan Masyarakat.


"Dengan tema itu, tangguh dalam menghadapi tantangan,  pemerintah harus tanggap setiap kebutuhan masyarakat, berkelanjutan pembangunan yang dilakukan pemerintah harus berkelanjutan dan tujuan akhirnya untuk masyarakat Kabupaten Tulungagung", sambungnya.


“Dengan begitu, mari kita bulatkan tekat untuk bersatu saling bahu membahu goyong royong membangun Tulungagung mewujudkan Kabupaten Tulungagung yang ayem tentrem mulyo lan tinoto”, sambungnya.


Sementara itu, Kapolres Tulungagung AKBP Arsya mengucapkan selamat Hari jadi Kabupaten Tulungagung.


“Saya Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi beserta staf dan Bhayangkari mengucapkan selamat hari jadi kabupaten tulungagung ke 818”, ucap Kapolres Tulungagung.


Semoga hari jadi ke 818 ini menjadi momentum untuk mengenang sejarah, mengapresiasi prestasi, dan merayakan keberagaman yang membangun Kabupaten Tulungagung.


"Mari terus bekerja sama dalam semangat gotong royong untuk mewujudkan kemajuan, kesejahteraan, dan harmoni di tengah-tengah masyarakat. Sukses selalu untuk Kabupaten Tulungagung yang kita cinta", pungkasnya. (restu)

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Arsip Blog