Senin, 02 Oktober 2023

Peringati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, Polres Tulungagung Gelar Upacara



TULUNGAGUNG – Dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila, Polres Tulungagung menggelar Upacara bertempat di lapangan Mapolres Tulungagung dengan tema hari Kesaktian Pancasila yakni “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.



Bertindak sebagai Inspektur upacara Wakapolres Tulungagung Kompol Dodik Tri Hendro Siswoyo, SH, SIK, MIK diikuti para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, para perwira, anggota Polres dan Polsek Jajaran, Minggu (01/10/2023) pagi.



Peserta upacara terdiri dari peleton Satuan Sabhara, Peleton gabungan staf Polres dan Polsek, pleton satuan Lalu lintas, peleton gabungan satuan Reskrim, Intelkam, Narkoba serta Peleton ASN Polres.


Kegiatan upacara di awali dengan hening cipta yang di pimpin oleh Inspektur upacara kemudian di lanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan naskah UUD 1945, dan pembacaan Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2023.


Isi naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2023 yang dibacakan oleh Inspektur Upacara.


IKRAR


Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:


bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;


bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;


bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;


maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Sementara itu Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi, SH, SIK, M.Si melalui Wakapolres Kompol Dodik mengatakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang jalannya sejarah dimasa lalu dalam mempertahankan idiolgi bangsa.


“Adanya penetapan hari kesaktian Pancasila dilatarbelakangi oleh kejadian insiden pembantaian yang terjadi pada tanggal 30 September, dimana pada hari tersebut Pancasila memiliki kesaktian yang tidak bisa digantikan oleh faham apapun, karena pancasila di gali dari nilai nilai leluhur dan menjadi nilai positif bagi bangsa Indonesia”, ujarnya


Maka dari itu kita harus bisa menjadikan Pancasila sebagai dasar dan latar belakang berbangsa dan bernegara.


“Sebagai anggota Polri sudah sepatutnya kita melaksanakan tugas yang berlandaskan nilai nilai serta semangat Pancasila, dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat yang memastikan masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melakukan akstifitasnnya”, ujarnya. ( restu)

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Arsip Blog