Selasa, 15 Agustus 2023

Warga Yang Mengurus SIM C di Satpas Polres Tulungagung Mengaku Lebih Mudah Dengan Lintasan Baru Berbentuk Huruf ‘S’

 



TULUNGAGUNG - Pasca diberlakukannya lintasan baru berbentuk huruf ‘S’ pada ujian praktek berkendara motor,kini persentase keberhasilan ujian praktek pemohon SIM C di Satpas Polres Tulungagung, Polda Jatim mencapai 80 persen.



Pasalnya, track baru ini, dinilai lebih mudah jika dibandingkan dengan track lama. Hal itu diungkapkan oleh Syahrizal Eka salah satu pemohon yang lulus dalam ujian praktek SIM C di Satpas Tulungagung.


Menurutnya, keberhasilanya dalam melakukan ujian berkendara motor pada track baru berbentuk S dan Y ini, karena lintasan lebih mudah dan lebar jika dibandingkan dengan track bentuk angka 8 sebelumnya.


"Lintasan ujian ini lebih lebar dan mudah sekarang. Tapi tetap harus fokus saat melakukan ujian seperti ketika kita berkendara di jalan umum itu tetap harus fokus dan konsentrasi," tuturnya.


Pria yang kini berusia 17 tahun itu menjelaskan bahwa sebelumnya pada ujian track angka 8 dia gagal sebangak 3 kali.


Namun, setelah track dirubah, dia hanya gagal sekali dan tes selanjutnya dia berhasil mendapatkan SIM C untuk pertama kali.


"Kemarin di track baru itu saya sempat gagal, karena tidak menggunakan rem kombinasi. Tapi karena sudah belajar dari pengalaman sekarang saya bisa lulus," jelasnya.


Disisi lain, Ardiansyah merupakan pemohon SIM C yang gagal saat praktek berkendara. Menurutnya, kegagalan dalam ujian berkendara di track baru ini karena kurangnya konsentrasi atau lupa tidak menggunakan rem kombinasi.


"Ini baru pertama kali saya mencoba track baru. Tadi dari petugas sebenarnya sudah memberikan penjelasan sebelum pelaksanaan ujian. Memang saya saja yang lupa saat praktek," ujarnya.


Ardiansyah menambahkan bahwasanya track baru ini lebih mudah jika dibandingkan dengan track sebelumnya. Apalagi track lebih realistis dengan kondisi jalan pada umumnya.


"Minggu depan saya akan ujian ulang berkendara. Semoga bisa lulus dan mendapatkan SIM C," imbuhnya.


Sementara itu, Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Firdaus Canggih Pamungkas, SIK, MH, MT, melalui KRI Satlantas Polres Tulungagung IPTU Bagus Tejo Purnomo menjelaskan, penerapan track baru pada ujian berkendara SIM C di Satpas Polres Tulungagung mulai berlaku sejak 4 Agustus 2023. Hasilnya, persentase keberhasilan mencapai 80 persen.


"Seminggu terakhir ini sudah ada 36 pemohon SIM C yang sudah berhasil," tegasnya, Senin (14/8/2023).


Menurut Bagus, track baru ini lebih menekankan pada ujian etika berlalu lintas. Meskipun jalur lebih mudah, belum tentu pemohon bisa lolos jika tidak memenuhi etika berlalu lintas.


"Track baru ini lebih lebar. Pemohon yang melakukan ujian lebih ditekankan pada cara pemakaian helm, penggunaan sein, rem motor hingga cara berbelok dengan benar," jelasnya.


Bagus menambahkan bagi pemohon SIM C yang gagal mungkin mereka kurang memperhatikan penjelasan petugas. Namun, mereka bisa melakukan ujian ulang dengan 3 kali kesempatan di hari yang berbeda.


"Kami juga menyediakan 3 jenis motor. Bagi pemohon bisa bebas memilih kendaraan yang paling nyaman untuk ujian," pungkasnya. (restu)

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Arsip Blog